Rabu, 23 Januari 2013

Pakan Kelinci ( Asembagus)



MAKANAN KELINCI
PETERNAKAN KELINCI ASEMBAGUS
                                                                             
Hallo sobat kali ini gua akan nulis tentang makanan di peternakan kelinci asembagus. Kelinci-kelinci gua ni tiap hari makan pada lahap banget loh sob. He…he..
Makanan Utama
1.    Temes/Pargesi/Patek Emas
Nama bahasa Indonesianya gua gak tau, tu bahasa daerah asembagus. Temes adalah sejenis sayuran yang mirip banget ama kangkung tapi itu bukan kangkung. Tumbuhan ini paling banyak tumbuh di sawah yang ditanami jagung, cabe dan tebu. Temes ini gua berikan pada tiap sore hari. Salah satu kelebihan temes adalah kandungan air dan vitaminnya bagus buat kelinci soalnya kalo dikasih ke kelinci pasti habis cuman tinggal batangnya. Selain itu kebersihan kandang juga terjaga soalnya sisa batangnya jatuh sendiri ke bawah kandang. Sedangkan kekurangannya adalah getahnya sering buat kelinci angora/bulu panjang menjadi gimbal. Untuk mensiasatinya temes dilayukan dulu agar getahnya hilang.
2.    Karotek
Tumbuhan karotek ini biasanya menjalar di atas tanah dan bunganya bisa dibuat mainan anak-anak. Karotek biasanya tumbuh di tanah kosong bekas sawah yang tidak terawat. Karotek bisanya gua berikan buat selingan temes agar kelincinya tidak bosan. Kelebihan karotek adalah daunnya yang rapuh sehingga bagus buat pencernaan kelinci. Selain itu karotek ini bisa dijadikan obat buat kelinci yang sakit mencret. Sedangkan kekurangannya adalah batang karotek biasanya ada bulu-bulu kecil halus yang bisa buat kelinci kena kerekke/gudik/korengan/scabies. Jadi untuk mensiasatinya dilayukan dulu agar tidak gatal.
3.    Bayam/Tarnyak
Kalo tumbuhan yang satu ini sobat pasti pada tau semua, soalnya bisa juga di makan manusia. Tarnyak ini biasanya banyak banget tumbuh di sawah, pekarangan rumah. Oya sobat kalo bayam yang ada durinya alias cekkron sebaiknya jangan diberikan ke kelinci soalnya kelinci kita pasti akan kena scabies/kerekke, walaupun sudah dilayukan. Kelebihan bayam adalah vitamin dan kandungan air bagus buat kelinci. Kekurangannya biasanya sisa pakannya menumpuk di kandang, beda ama temes yang jatuh ke bawah.
4.    Kangkung, jagung muda, wortel  dan kubis
Ini semua adalah makanan kelinci kalo sobat sibuk dan gak bisa ke sawah soalnya bisa beli di pasar. Hampir paradigma semua orang Kangkung adalah makanan utama kelinci. Kangkung bagus banget sebenarnya buat kelinci akan tetapi kalo tidak benar-benar layu bisa membuat kelinci mencret, terutama anakannya. Jagung muda bagus buat perkembangan kelinci karna mempercepat pertumbuhan kelinci. Wortel juga identik dengan kelinci, ingat kartun bugs bunny. Kandungan air dan vitamin dalam wortel bagus buat kelinci tapi kelinci gua kalo di suruh milih antara wortel dan jagung muda pilihannya pasti milih jagung muda. Mungkin karena kebiasaan kali ya sob. Kubis juga kelinci mau tapi sepanjang pengalaman gua ternak, kubis gak gua saranin buat makanan utama kelinci. Hal ini dikarenakan kelincinya mudah terkena scabies/kerekke dan membuat kandang kelinci bau.
5.   Rumput
      Rumput adalah tanaman yang sering kita jumpai. Macam-macam rumput yang gua sering berikan buat kelinci gua adalah potiyan dan gerinteng. Rumput gua berikan cuman buat selingan aja. Oh ya sobat, rumput tu makanan favorit marmut lokal, jabrik, anggora gua soalnya pasti bersih banget kandangnya gak ada sisanya.
6.   Kacopeng/Daun Cinta
      Kacopeng adalah jenis tumbuhan yang merambat dengan daunnya yang berbentuk love sehingga disebut juga daun cinta. Kelinci juga rakus banget kalau dikasih kacopeng. Tapi kekurangannya adalah agak sulit mencarinya dalam jumlah banyak.
7.   Karokot/gidhur dan jhel-bhujhellen
      Karokot adalah jenis tumbuhan yang menjalar di atas tanah dengan daunnya yang bulat kecil dan batangnya berwarna coklat atau kekuning-kuningan. Karokot kalau diberikan ke kelinci yang dimakan hanya batangnya. Jadi berikan buat selingan aja. Jhel-bhujhellen adalah jenis tumbuhan yang daunnya berbentuk oval dan hanya ada di ujung batangnya dan batangnya ada bulu-bulu halus mirip karotek. Biasanya banyak tumbuh di tegalan atau tanah yang agak tandus. Tumbuhan ini gak akan buat kelinci mencret soalnya kadar air sedikit. Cuman kalau gak dilayukan gampang buat kelinci kena scabies/kerekke. Oh ya sob dua tumbuhan ini biasanya gua berikan pas puncak musim panas dan gak nemmu tumbuhan lain.
Makanan Tambahan
Kalo gak bisa ngarit atau hijauan susah dicari gua meracik makanan sendiri. Dedak Padi/Bekatul, Tompe/Dedak jagung, buah pepaya atau kates mentah atau masak. Dedak padi/bekatul fungsinya agar kelinci kenyang lebih lama karna serat kasarnya tinggi. Tompe/dedak jagung berfungsi untuk menggemukkan kelinci karna banyak beras jagungnya. Pepaya berfungsi sebagai vitamin dan pengganti wortel serta kandungan airnya tinggi sehingga bisa mengimbangi serat kasar dedak padi. Pertama-tama gua kupas buah pepaya buang kulit dan bijinya. Kemudian diiris kecil-kecil atau dipotong bentuk dadu kecil dan rendam di air sebentar. Dedak padi dan dedak jagung dengan jumlah yang sama dicampur jadi satu. Setelah itu pepaya yang direndam dituangkan ke dalam campuran yang tadi dan aduk hingga rata. Per kelinci gua kasih satu kepalan tangan aja. Oh ya sob airnya jangan banyak-banyak biar gak mencret.
Makanan Yang Dilarang
1    Daun lamtoro atau petai cina bisa menyebabkan kelinci anakan mati dan indukan hamil keguguran soalnya panas buat pencernaan kelinci. Awal gua beternak dan gak tau kelinci sama sekali gua kasih kelinci gua lamtoro maklum gua melihara kambing juga. Indukan angora pertama (si putih) gua keguguran dan beberapa hari kemudian tewas.
2    Daun Singkong mengandung racun yang menyebabkan kelinci kejang-kejang dan mati mendadak. Kalo ini teman gua, uda gua beritahu jangan diberikan buat kelinci tapi maksa dan yang terjadi pagi dikasih siangnya kelincinya tewas.     



               

5 komentar:

mksih udah brkunjung di blog saya bos. maksih udah promo + ngsih info sputar kelinici, sangat brmanfaat bos.. peternak dri mna bos ??

mas saya anna .. saya punya kelinci dia itu suka sama semua yang saya makan .. kalo saya lagi makan dia suka nyampur kaya minta makan bareng .. dia suka makan kue, tumis"an, mie instan, nasi , ayam goreng, pokoknya semua yg saya makan dia juga mkan .. boleh ga sih saya biarin dia mkan itu semua ?

maaf baru bls.
mnurut sya sbaiknya dihentikan mas. coz makan sprti itu kbnyakan mengandung bhan kimia. jadi kurang bagus buat kelincinya. mending di kasih rumput2an. coz kelinci udah d takdirkan makan yang seperti bgituan.
mkasih mas udah ngunjungi blog saya. maaf kalo komentarnya kurang baik. :D

Ass...
Mas kelinci saya kalo d suruh pilih antara kangkung, wortel, pelet sama rumput pasti milih kangkung. Gmna caranya bkin spya kelincinya g bergantung sama kangkung...?

Ahahaiiii ,, kelinci pasti milih kangkung karena gurih gurih nyuoooii ,, tapi efek nya bisa moncrrrrrrrooooot . Jadi jangan di tawaaaaaaaaaari lagi ,, dia hanya tauuu maaaaaaakaaaan tapi kita yg taaaaau mana makan yg tepaaaat solusi harus seimbang antara rumput wortel n karbohidrat berupa dedaaaaak , peleeeeeeeet , bijiiii bijiiiiaaaaan , dll. Yg pentiiing jangan OD Opeeeer Dossssssis bisa kooooit tuh kelinci . Wwaaak waaaaw

Posting Komentar